Wednesday, March 4, 2015

LI-FI (Light Fidelity) pengganti WI-FI

Beberapa pengguna internet pasti sering menggunakan wifi sebagai media untuk bisa konek ke internet, wifi ini sendiri adalah sebuah perangkat nirkabel yang menggunakan jaringan radio untuk dapat menyambungkan laptop atau komputer ke internet. Nah akan tetapi, sekarang ini telah dikembangkan perangkat pengganti Wifi yaitu Li-fi (Light Fiderity) apa sih itu Li-fi ?

Li-fi atau Life Fidelity adalah sebuah perangkat yang berfungsi sama seperti Wi-fi, akan tetapi Li-fi ini menggunakan cahaya sebagai perantara jaringannya agar dapat konek ke internet. Bahkan, Lifi ini pun mempunyai kecepatan data hingga mencapai 5 Gbps.  Teknologi ini telah didemonstrasikan pada tahun 2012 di consumer electronics show di las vegas dengan menggunakan sepasang smarthphone casio untuk pertukaran data dengan menggunakan cahaya dari berbagai intensitas yang dilepaskan oleh layar mereka.

Dengan menggunakan OWC (optical wireless communications) sistem yang menggunakan cahaya dari LED (Light emmiting diodes) sebagai perantara untuk mengirim jaringan internet.  Lifi ini merupakan Internet masa depan yang diharapkan dapat segera direalisasikan ke publik ya doakan saja agar bisa segera di pasarkan. Lifi ini juga sangat aman dan susah untuk di retas, cahaya dari Lifi juga tidaklah berbahaya bagi tubuh manusia. Lifi juga memiliki keunggulan untuk area elektromagnetik yang sensitif seperti kabin pesawat, rumah sakit dan pembangkit listrik tenaga nuklir tidak menyebabkan gangguan elektromagnetik. Keuntungan terbesar dari teknologi Li-fi ini adalah kemudahan akses internet di berbagai daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik, selain itu Li-fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah, sekolah, bahkan kantor. Teknologi Li-Fi juga dapat digunakan untuk mengontrol kondisi lalu lintas dengan menempatkan teknologi baru ini ke LED mobil. Hal ini juga dapat digunakan dengan lampu overhead pesawat. Selain keunggulan yang dimilikinya tersebut, teknologi Li-Fi juga memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapinya. Teknologi Li-Fi memerlukan line-of-sight yang sempurna untuk mengirimkan data. Tantangan berat lainnya dalam harus dihadapi oleh teknologi li-fi ini, yaitu bagaimana caranya data dapat dikirimkan kembali ke pemancar secara optimal. Rencananya Lifi ini akan dipasarkan pada tahun 2018.

Bagaimana guys keren bukan, Dengan menggunakan Lifi kalian dapat mendownload file besar hanya dengan beberapa menit saja.  So, untuk sekarang ini dulu yang dapat saya tulis nantikan artikel saya selanjutnya ya guys.

No comments:

Post a Comment