Tuesday, March 3, 2015

5 tips memulai usaha tanpa uang

Anda bisa saja memulai bisnis anda tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, sudah banyak pengusaha yang memulai karirnya hanya dengan alat yang dia miliki. Berikut ini ada 5 tips untuk memulai usaha tanpa uang, semoga bermanfaat ya
1.    Memulai usaha dengan benda yang anda miliki

Anda dapat memulai usaha anda dengan bermodal benda yang anda miliki. Contohnya anda hanya memiliki komputer dirumah, anda dapat memulai usaha dengan membuka rental komputer, atau jika anda memiliki mesin jahit anda bisa membuka usaha bordir atau penjahit.

2.    Bermodal hadiah

Hadiah biasanya diberikan oleh orang lain kepada kita karena usaha atau nilai yang tidak dapat diganti oleh uang. Hadiah dapat diperoleh dari hadiah perpisahan, hadiah tahun baru, hadiah natal, atau hadiah ulang tahun.
I ketut kasih dari bali, ia memulai usahanya dengan bermodal hadiah perpisahan berupa celana dalam berselancar ia kemudian terinspirasi untuk memulai bisnis walaupun ada rasa keraguannya dibenaknya. Ia menyetrika celana dalam tersebut dan menyiplaknya di koran lalu ia membawa koran tersebut ke sekolahnya untuk dijahitkan. Teman-teman ketut pun ingin dibuatkan celana dalam serupa dan mulai dari situlah awal kesuksesan ketut. Ia sekarang memegang semua lisensi semua produk celana dalam peselancar bermerek Quicksilver, yang asalnya dari melbourne, Australia. Ia juga memiliki usaha garmen yang berhasil mengekspor 100 buah celana dalam bermerek King Kong kepunyaannya dalam usia 17 tahun.

3.    Menjadi Perantara

Memulai usaha tanpa uang pun dapat dilakukan hanya dengan menjadi seorang perantara, menjadi seorang perantara pada intinya hanyalah menjual informasi. Informasi ini merupakan jantung untuk meraih kesuksesan.

4.    Bermodal Otak

Sebagian besar orang tidak memiliki apa-apa ataupun modal untuk memulai usaha, padahal mereka semua sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa modal yang tak ada tandingannya yang disebut “Otak”. Jika anda tidak memiliki apa-apa anda dapat memanfaatkan otak anda. Anda dapat memulai usaha dengan menggunakan cara Pembayaran belakang. Dengan begitu anda bisa membuka usaha seperti Kursus atau les private.

5.    Bermodal Keahlian

Sama sepertia halnya di nomor 4, Keahlian juga merupakan modal yang cukup memadai untuk memulai bisnis. Jika anda memang memiliki keahlian anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupaka seorang ahli dalam suatu bidang tertentu yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda dapat memulai menjadi konsultan dari bidang desain, taman, graphis, manajemen, komputer dan lain sebagainya.

Nah gimana nih teman-teman blogger, cukup menarik bukan! Memulai Usaha tidak harus memiliki uang, hanya dengan keterampilan dan otak saja anda dapat memulai usaha anda. Untuk referensi admin, mimin membaca buku “11 rahasia memulai bisnis tanpa Uang” yang penulis bernama M.Suyanto. Jadi, jika anda tertarik silahkan beli bukunya juga ya :D

No comments:

Post a Comment